10 Hacker Terkenal di Dunia & Apa yang Terjadi pada Mereka

Tidak semua hacker itu jahat. Yang baik disebut "white-hat hacker" dan menggunakan hacking untuk memperbaiki keamanan komputer . Orang-orang yang hanya bersenang-senang disebut "gray-hat hacker." Tapi jenis jahat yang Anda pikirkan? Mereka disebut "hacker black-hat."

Dan mereka dapat menyebabkan banyak bahaya, seperti yang telah ditunjukkan sejarah. Inilah beberapa "black hatters" yang paling terkenal dan jahat, "apa yang mereka lakukan untuk mendapatkan reputasi mereka, dan di mana mereka sekarang.

1. Kevin Mitnick

Departemen Kehakiman AS menyebutnya "penjahat komputer yang paling dicari dalam sejarah AS" - begitulah sebenarnya dia terkenal. Cerita Kevin Mitnick sangat liar sehingga bahkan menjadi dasar bagi sebuah film unggulan: Track Down .

Apa yang dia lakukan? Setelah menjalani hukuman setahun di penjara karena melakukan hacking ke jaringan Digital Equipment Corporation, dia dibebaskan tiga tahun setelah diawasi. Namun menjelang akhir periode itu, dia melarikan diri dan melakukan perobakan 2,5 tahun yang melibatkan pelanggaran sistem peringatan pertahanan nasional dan mencuri rahasia perusahaan.

Dimana dia sekarang? Mitnick akhirnya tertangkap dan dihukum dengan hukuman lima tahun penjara. Setelah benar-benar melayani tahun-tahun itu, ia menjadi konsultan dan pembicara publik untuk keamanan komputer. Dia sekarang menjalankan Mitnick Security Consulting, LLC.

2. Jonathan James

Kisah Jonathan James, yang dikenal sebagai "c0mrade," adalah tragis. Dia mulai melakukan hacking di usia muda, berhasil masuk ke beberapa jaringan komersial dan pemerintah dan dipenjara karena hal itu - semua saat dia masih di bawah umur.

Apa yang dia lakukan? James akhirnya menyusup ke jaringan NASA dan mendownload cukup banyak kode sumber - aset setara dengan $ 1,7 juta - untuk mempelajari bagaimana Stasiun Luar Angkasa Internasional bekerja. NASA harus mematikan jaringannya selama tiga minggu penuh saat mereka menyelidiki pelanggaran tersebut, dengan biaya tambahan $ 41.000.

Dimana dia sekarang? Pada tahun 2007, beberapa perusahaan profil tinggi menjadi korban sejumlah serangan jaringan berbahaya. Meski James membantah terlibat, dia dicurigai dan diselidiki. Pada tahun 2008, James melakukan bunuh diri, percaya bahwa dia akan dihukum karena kejahatan yang tidak dia lakukan.

3. Albert Gonzalez

Gonzalez memulai sebagai pemimpin kelompok hacker bernama ShadowCrew. Selain mencuri dan menjual nomor kartu kredit, ShadowCrew juga membuat paspor palsu, kartu asuransi kesehatan, dan akte kelahiran untuk kejahatan pencurian identitas .

Apa yang dia lakukan? Albert Gonzalez membuka jalan menuju ketenaran internet saat mengumpulkan lebih dari 170 juta kartu kredit dan nomor kartu ATM selama periode dua tahun. Dia kemudian menyusup ke database TJX Companies dan Heartland Payment Systems untuk mencuri semua nomor kartu kredit tersimpan mereka.

Dimana dia sekarang? Gonzalez dijatuhi hukuman penjara selama 20 tahun (dua kalimat 20 tahun untuk dilayani bersamaan) dan dijadwalkan untuk rilis pada 2025.

4. Kevin Poulsen

Kevin Poulsen, yang juga dikenal sebagai "Dark Dante," mendapatkan ketenaran 15 menit dengan memanfaatkan pengetahuannya yang rumit tentang sistem telepon. Pada satu titik, dia memasang kembali saluran telepon stasiun radio dan menetapkan dirinya sebagai penelepon pemenang, memberinya Porsche baru. Menurut media, dia adalah "Hannibal Lecter dari kejahatan komputer."

Apa yang dia lakukan? Poulsen membawa dirinya ke daftar keinginan FBI saat dia menyusup ke sistem federal dan mencuri informasi penyadapan. Dia kemudian ditangkap di sebuah supermarket (di semua tempat) dan dijatuhi hukuman 51 bulan penjara dan tagihan untuk restitusi sebesar $ 56.000.

Dimana dia sekarang? Poulsen mengubah caranya setelah dibebaskan dari penjara pada tahun 1995. Dia mulai bekerja sebagai jurnalis dan sekarang menjadi editor senior untuk Wired . Pada tahun 2006, ia bahkan membantu penegakan hukum untuk mengidentifikasi 744 pelanggar seks di MySpace.

5. Gary McKinnon

Gary McKinnon, yang dikenal sebagai "Solo" di internet, diduga mengkoordinasikan apa yang akan menjadi hack komputer militer terbesar sepanjang masa.

Apa yang dia lakukan? Selama periode 13 bulan dari bulan Februari 2001 sampai Maret 2002, McKinnon secara ilegal mengakses 97 komputer milik Angkatan Bersenjata AS dan NASA. Dia mengklaim bahwa dia hanya mencari informasi mengenai penindasan energi bebas dan penutupan UFO, namun menurut pihak berwenang AS dia menghapus sejumlah file penting dan menghasilkan lebih dari 300 komputer yang tidak dapat dioperasi, mengakibatkan kerusakan lebih dari $ 700.000.

Dimana dia sekarang? Menjadi keturunan Skotlandia dan beroperasi di luar Kerajaan Inggris, McKinnon mampu menghindari pemerintah Amerika sampai tahun 2005, ketika dia menghadapi ekstradisi. Setelah serangkaian seruan, Theresa May memblokir ekstradisinya dengan alasan bahwa dia "sakit parah" dan ekstradisi akan "tidak sesuai dengan hak asasi manusia."

6. Robert Tappan Morris

Robert Tappan Morris mengambil pengetahuannya tentang komputer dari ayahnya Robert Morris, seorang ilmuwan komputer di Bell Labs dan kemudian NSA. Morris dikreditkan sebagai pencipta worm komputer pertama yang dikenal di dunia.

Apa yang dia lakukan? Pada tahun 1988, ia menciptakan Morris Worm saat menjadi mahasiswa di Cornell University. Program ini dimaksudkan untuk mengukur ukuran internet, namun memiliki kekurangan: komputer bisa terinfeksi berkali-kali , dan setiap infeksi menyebabkan komputer melambat bahkan lebih. Ini menghasilkan lebih dari 6.000 komputer yang tidak dapat digunakan.

Dimana dia sekarang? Pada tahun 1989, Robert Tappan Morris ditemukan telah melanggar Undang-Undang Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer. Dia dijatuhi hukuman tiga tahun masa percobaan, 400 jam pelayanan masyarakat, dan denda $ 10.050. Dia akhirnya mendirikan Y Combinator dan sekarang menjadi profesor bertenaga di Massachusetts Institute of Technology.

7. Loyd Blankenship

Loyd Blankenship, yang dikenal sebagai "The Mentor" di kalangan hacking, telah menjadi hacker aktif sejak tahun 1970an. Dia adalah anggota beberapa kelompok hacking di masa lalu, terutama Legion of Doom (LOD).

Apa yang dia lakukan? Blankenship menulis sebuah esai berjudul Mentor's Last Words (juga disebut Hati Nurani dari Hacker dan Hacker Manifesto ), yang dia tulis setelah ditangkap pada tahun 1986. Esainya telah menjadi semacam batu penjuru untuk budaya hacking.

Dimana dia sekarang? Blankenship dipekerjakan oleh Steve Jackson Games pada tahun 1989 untuk mengerjakan GURPS Cyberpunk . Layanan Rahasia AS menggerebek rumahnya pada tahun 1990 dan menyita buku peraturan permainan tersebut, menyebutnya sebagai "buku pegangan untuk kejahatan komputer." Sejak saat itu dia telah berhenti melakukan hacking, sekarang tinggal sebagai pengembang game musisi dan freelance.

8. Julian Assange

Julian Assange mulai melakukan hacking pada usia 16 tahun dengan nama "Mendax." Lebih dari empat tahun, dia menyusup ke berbagai jaringan pemerintah, perusahaan, dan pendidikan - termasuk Pentagon, NASA, Lockheed Martin, Citibank, dan Stanford University.

Apa yang dia lakukan? Assange kemudian membuat WikiLeaks pada tahun 2006 sebagai platform untuk menerbitkan kebocoran berita dan dokumen rahasia dari sumber anonim. Amerika Serikat melancarkan penyelidikan terhadap Assange pada tahun 2010 untuk menagihnya berdasarkan Undang-Undang Spionase tahun 1917.

Dimana dia sekarang? Assange saat ini bersembunyi di kedutaan Ekuador di London, karena takut ekstradisi ke Amerika Serikat.

9. Guccifer 2.0

Siapa Guccifer 2.0? Tidak ada yang tahu pasti - bisa jadi seseorang atau kelompok yang menyamar sebagai pribadi. Nama tersebut memberi penghormatan kepada seorang hacker Rumania (dikenal sebagai "Guccifer") yang sering menargetkan pejabat pemerintah AS dan pihak-pihak lain yang menonjol secara politis.

Apa yang mereka lakukan? Selama Pemilu Presiden AS 2016, jaringan Konvensi Nasional Demokratik diretas . Ribuan dokumen telah bocor di WikiLeaks dan di tempat lain. Banyak yang percaya bahwa Guccifer 2.0 adalah penutup untuk intelijen Rusia, namun dalam sebuah wawancara dengan Vice , Guccifer 2.0 mengklaim dirinya orang Rumania dan bukan orang Rusia.

Dimana mereka sekarang? Guccifer 2.0 menghilang tepat sebelum Pemilu Presiden AS, kemudian muncul kembali sekali pada bulan Januari 2017 untuk menegaskan bahwa dia tidak memiliki hubungan dengan intelijen Rusia.

10. Anonymous

Anonymous mungkin adalah "hacker" paling terkenal sepanjang masa, namun juga yang paling samar-samar. Anonymous bukan satu orang melainkan sekelompok hacker yang terdesentralisasi tanpa keanggotaan atau hierarki sebenarnya. Siapa saja bisa bertindak atas nama Anonymous.

Apa yang mereka lakukan? Sejak debutnya di tahun 2003, Anonymous telah dipercaya untuk menyerang beberapa target penting, termasuk Amazon, PayPal, Sony, Westboro Baptist Church, Church of Scientology, bagian dari web gelap , dan pemerintah Australia, India, Suriah, Amerika Serikat, di antara puluhan lainnya.

Dimana mereka sekarang? Anonymous melanjutkan hacktivisme sampai hari ini. Sejak 2011, dua kelompok hacking terkait telah melahirkan Anonymous: LulzSec dan AntiSec.

Komentar