CARA MEMBUAT LOADING DI APLIKASI BROWSER

loading...
× close

CARA MEMBUAT LOADING DI APLIKASI BROWSER

Sebelumnya saya memberikan tutorial Cara membuat web browser mengunakan sketchware. Dan kali ini saya akan memberi tutorial lanjutan dari Cara membuat aplikasi browser mengunakan skectware.

Didalam aplikasi Browser kita pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Loading, Loading dalam bahasa indonesia disebut pemuatan, akan selalu muncul ketikan kita membuka sebuah web, bentuknya pun bermacam macam ada yang garis horizontal panjang dan ada juga yang melingkar seperti roda, Kemunculan Loading pasti membuat kita bosan apalagi pas menonton video di Youtube.

Kali ini saya akan memberikan tutorial membuat Loading untuk menyempurnakan aplikasi browser kamu, menurut saya caranya cukup mudah tapi rumit bagi pemula, Langsung saja disimak jangan sampai kelewatan 1 titik pun.

  • ALAT DAN BAHAN
  • 1. Aplikasi Sketchware klik disini untuk Download.

    2. Images Loading (terserah mau apa aja).

    3. Udah cuma itu saja bahanya.

  • LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT VIEW NYA
  • 1. Masuk ke aplikasi sketchware.

    2. Klik ap.likasi Browser yang kamu buat

    3. Setelah masuk ke aplikasi Browser kamu, ambil images letakan di sebelah kanan button.
  • Setelah kamu letakan di sebelahnya button kemudian klik Edit Propertie. Ubah layout_width menjadi 35dp dan layout_height menjadi 30dp, geser ke bawah cari tombol tambah + lalu klik, jika kamu ingin image dari galery kamu klik tombol tambah + lagi, tapi jika kamu ingin image yang disediakan oleh skechware klik tanda panah ke bawah pilih image sesuai selaramu. Kalo sudah terpilih, kembali, lalu cari secele_type ubah menjadi center_inside
  • Hasil nya akan seperti dibawah ini

    Tampilan Loading sudah kita buat, Lanjut ke Logic

  • LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT LOGIC NYA
  • 1. Masuk OnCreate Klik logo di pojok kanan bawah, masuk ke view cari setVisible tekan tahan dan letakan dibawah webview atau di atasnya, diaebelah kiri setVisible pilih imagesview1 yang bagian kana pilih GONE.

    Hasilnya akan seperti dibawah ini

    2. Klik logo tambah dibawah logic lalu pilih webview keduanya.

    3. Geser ke bawah, klik tombol + di kanan component lalu pilih component type ubah ke Timer masukan nama time di component name lalu klik add.

    4. Masuk ke webview: webview 1 (onPageStarted) ,

  • Klik tombol di pojok kanan bawah lalu masuk ke component lalu cari block TimerTask [ ] after ( ) ms for every ( ) ms lalu ubah sebelah kanan TimerTask menjadi [time] bagian kanan after menjadi (1) bagian kanan ms for every menjadi (15).
  • Masuk ke menu pilihan block pojok kanan bawah klik variable tekan add variable lalu pilih bolean ubah variable name menjadi angle lalu add. Tekan tahan [ ] increase 1 dan letakan di bawah TimerTask dan ubah bagian kiri increase 1 menjadi angle.
  • Masuk ke menu pilihan block, klik view cari[ ] setRotation ( ) letakan dibawah increase 1, ubah bagian kiri setRotation menjadi [imagesview1] dan bagian kanan : masuk ke menu pilihan klim variable pilih angle tarik keatas letakan di kanan setRotation .
  • Masuk lagi ke menu pilihan block, klik control cari if < > then, letakan dibawah setRotation. Masuk menu pilihan klik Operator pilih = ,tarik ke atas dan letakan di tengah if <.disini.> then. masuk lagi ke menu pilihan lalu klik variable pilih angle tarik ke atas letakan di sebelah kiri = dan sebelah kanan masukan angka 360.
  • Masuk ke menu pilihan klik variable pilih set [ ] to ,tarik ke atas letakan di bawah if < > then, lalu ubah bagian kanan set menjadi angle dan bagian kanan to masukan angka 0.
  • Masuk lagi ke menu pilihan klik view cari [ ] setVisible [ ] tarik ke atas letakan di bawah block TimerTask atau di atasnya TimerTask, lalu ubah bagian kiri setVisible menjadi imagesview1 dan bagian kanan ubah menjadi visible. jika kamu ingin menghilangkan button ketika loading, ambil setVisible ubah bagian kiri menjadi button bagian kanan menjadi gone.
  • Hasilnya akan seperti dibawah ini

    5. Masuk ke webview: webview 1(onPageFinisehed), Masuk ke menu pilihan klik view cari setVisible lalu ubah bagian kiri nya menjadi imagesview1 dan bagian kanan menjadi gone, jika kamu tadi menghilangkan button maka ambil lagi block setVisible ubah bagian kiri nya menjadi button1 lalu bagian kanan ubah menjadi visible.

    Hasilnya akan seperti dibawah ini

    Kita sudah membuat loading di dalam Aplikasi browser buatan sendiri, sekarang coba aplikasinya. Klik RUN tunggu proses selesai, instal dan jalankan, coba loading nya apakah muncul saat proses pemuatan link yang dimasukan dan apakah mati ketika proses pemuatan selesai.

    Jika terjadi error saat membuka aplikasi coba baca pesan error dari sketchware bagian mana yang error dan perbaiki bagian yang error tersebut dan coba kembali

    Tambahan:
      Jika ingin tombol back berguna alias tidak mubazirr tambahkan saja fungsi back pada tombol hp kamu sebelah kanan bawah.

      CARANYA : Liat bawahnya logic dan klik, cari tulisan onBackPressed dan tambahkan, masuk ke dalamnya lalu klik menu pilihan klik view pilih WebView [ ] goBack dan isi kotak dengan webview 1.

    Itulah Cara membuat Loading di aplikasi browser, ini hanya penggetahuan dasar kamu bisa membuatnya lebih kreatif lebih simple ataupun lebih SEO, kembangkan dan buat sebuah karya.

    Silahkan Comment ataupun share, Followe juga boleh, klik iklan lebih dari boleh. next time akan akan saya buat arikel atau Postigan yang berkaitan dengan aplikasi browser ini, tentunya untuk membuat sebuah aplikasi dengan banyak fungsi dan kelebihan, selalu simak dan pelajari.

    Postigan ini dilindungngi UDD © Hack cipta

    Komentar

    Posting Komentar